Sunday , June 25 2017
Home / Uncategorized / Menikmati Keindahan Puncak Suroloyo

Menikmati Keindahan Puncak Suroloyo

Puncak Suruloyo
Senja di Puncak Suruloyo
Kulonprogo – Puncak Suroloyo ada di bagian paling barat Jogja nih, tepatnya di daerah Kulonprogo. Tempat ini punya legenda yang terkenal banget, yaitu cerita tentang Raden Mas Rangsang yang bergelar Sultan Agung Hanyokrokusumo yang dapet wangsit tentang kekuasaan di tanah Jawa. Jadi, ceritanya waktu itu Sultan Agung dapet wangsit kalau beliau harus jalan ke arah barat Keraton Kotagede menuju pegunungan menoreh dan ngelaksanain tapa brata di puncak Suroloyo.
Untuk bisa sampai ke puncaknya, kamu harus siap naikin 286 anak tangga dengan tingkat kemiringan yang cukup terjal nih. Biasanya sih, di anak tangga yang ke 100 wisatawan udah pada mulai abis nafasnya, jadi ya nggak apa-apa kalau kamu beristirahat sejenak, sebelum ngelanjutin perjalanan lagi.
Di puncak yang punya ketinggian 1.019 mdpl, kamu bakalan bisa ngeliat lanskap yang luar biasa indah. Kalau cuaca cukup mendukung, kamu bisa ngeliat candi Borobudur dari kejauhan. Borobudur pun bisa terlihat dikelilingin 4 gunung sebagai bentengnya, yaktu gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan gunung Sumbing.
Suroloyo bakalan rame banget dikunjungin di tanggal 1 Sura (Muharram), ini adalah waktu di mana diadain upacara Jamasan pusaka Tombak Kyai Manggolo Murti dan Songsong Manggolo Dewo yang berlokasi di sendang Kawidodaren, yaitu 300 meter dari puncak Suroloyo.
Lokasi:Puncak Suroloyo berlokasi di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta.Akses:Untuk bisa mencapai Puncak Soroloyo dapat memilih 2 jalur yaitu :
Dari Yogyakarta Jalan Godean ,Kenteng , Nanggulan, Kalibawang, Suroloyo.
Dari arah Semarang atau Magelang : Magelang ,Muntilan , Jalan Wates, Kalibawang, Suroloyo.

Rute alternatif:Ditempuh dengan jalan kaki melalui Borobudur menuju kearah selatan menuju sub terminal Samigaluh selanjutnya menuju arah Suroloyo.

Harga Tiket:Untuk memasuki kawasan obyek wisata Puncak Suroloyo, anda harus membayar tiket sebesar Rp.2.000,- per orang (2014). Sedangkan bila anda menggunakan jasa ojek rute dari pertigaan Bendo ke puncak Soroloyo pulang pergi, tarifnya Rp. 50.000,-

About Ferry

Aku bukanlah orang yang hebat, tapi aku mau belajar dari orang-orang yang hebat. Aku adalah orang biasa tapi aku ingin menjadi orang yang luar biasa. Dan aku bukanlah orang yang istimewa, tapi aku ingin membuat seseorang menjadi istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *