Sunday , June 25 2017
Home / Pariwisata / Wisata Alam / Indahnya Kalisuci Padukan Rafting dan Caving

Indahnya Kalisuci Padukan Rafting dan Caving

Gua Kali Suci Gunungkidul
Gua Kali Suci Gunungkidul

GUNUNGKIDUL – Kali Suci Terletak di Dusun Jetis Wetan, Kelurahan Pacarejo, Kecamatan Semanu, menawarkan wisata ekstrim bagi pengunjungnya.

Sunyinya Gua, derasnya jeram, serta megahnya ornamen Gua mengajak pengunjung seolah berada di dunia lain.

Kalisuci ini merupakan sebuah ujung segmen sistem sungai terbuka jarak dengan luas DAS mencapai kurang lebih 30 km2, dimana outlet dari sistem sungai terbuka tersebut masuk ke dalam perut bumi di Gua Kalisuci dan muncul ke permukaan lagi di Pantai Baron.

Lokasi wisata kali suci ini berada pada transisi Ledokan Wonosari menuju perbukitan Karst Gunungsewu menampilkan begitu banyak bentuk lahan tipikal Karst yang luar biasa, di antaranya Perbukitan Kerucut, Lembah Buta, Doline, Colapse Doline dan beberapa fenomena alam, indah dipandang mata dan juga tempat yang asik bagi yang ingin berwisata

Kilauan cahaya surga Gua Grubug, eksotisme vegetasi purba Luweng Jomblang, romantisme senja Telaga Jonge menjadi paket komplet mengunjungi daerah ini.

indahanya bebatuan yang ada di kali suci
indahanya bebatuan yang ada di kali suci

Tidak seperti gua pada umumnya, Gua Kalisuci ini dialiri air hingga mencapai kedalaman 2,5 meter.

Kedalaman air inilah yang mengharuskan pengunjung untuk mengenakan ban yang cukup besar beserta peralatan pelindung.

Sementara peralatan pelindung seperti helm, jaket pelampung dan body protector dapat menghindarkan pengunjung dari batu-batu besar, aliran air deras dan jeram.

Stalaktik

Air yang mengaliri Gua Kalisuci berasal dari banjir kiriman dari Kecamatan Semanu,Kecamatan Karangmojo dan Kecamatan Ponjong. Air tersebut masih menyisakan ruang-ruang dimana pengunjung bisa menyaksikan keindahan stalaktit, stalakmit, draperi, mikro gordam, sodastro yang berada di dalam Gua.

Pengunjung juga bisa merasakan kehadiran habitat-habitat asli Gua ini, semisal kelelawar buah, burung, ikan, kepiting dan udang.

Memiliki panjang sekitar 700 meter, pengunjung diajak memasuki enam Gua selama kurang lebih dua jam.

Enam Gua tersebut di antaranya Gua Kalisuci sepanjang sekitar 150 meter, Gua Vertikal Gelatik sekitar 150 meter, Gua Horisontal Gelatik sekitar 100 meter, serta Gua Vertikal Gelung sekitar 300 meter.

Tiap-tiap gua menyuguhkan petualangan rafting dan caving di dalam perut bumi yang luar biasa.

Adrenalin pengunjung tidak hanya dipacu dalam Gua, melainkan juga luar Gua. Untuk mencapai Gua Kalisuci ini, pengunjung diharuskan menuruni puluhan anak tangga.

Begitu pula untuk keluar Gua dimana puluhan anak tangga yang sangat curam sudah menunggu untuk dinaiki. Karena termasuk wisata ekstrim, Gua Kalisuci ini tidak direkomendasikan bagi wanita hamil maupun pengidap asma.

Hanya dengan Rp70 ribu per orang, pengunjung bisa menikmati sensasi berkreasi di alam terbuka dengan fasilitas peralatan ban, pelindung, jasa pemandu, retribusi, minum, snack, kamar mandi serta asuransi Jasa Raharja.

Tunggu apa lagi, ayo ke kali suci sekarang ajak teman – teman atau pacar anda

About Ferry

Aku bukanlah orang yang hebat, tapi aku mau belajar dari orang-orang yang hebat. Aku adalah orang biasa tapi aku ingin menjadi orang yang luar biasa. Dan aku bukanlah orang yang istimewa, tapi aku ingin membuat seseorang menjadi istimewa

Check Also

Pantai_Widodaren_jogjaku.web.id

Pantai Widodaren, Kecantikan Bidadari dari Gunungkidul

Gunungkidul – Bicara keindahan gunungkidul memang tidak ada habisnya, salah satu yang menjadi daya tarik wisatawan yaitu ...

4 comments

  1. Hi. how do i go about purchasing the entrance ticket? Go straight to Kalisuci itself? or do i need to book online?

    • Hi diana , for reservations you can come to Kalisuci , for online ticket booking is not yet available.

      • Thank you for your reply, Ferry! So meaning on the day i arrive to Kalisuci, i can simply purchase entrance ticket and start enjoying the activities there? Il be arriving Jogja only on the 30th Jan (to track on Merapi) and was thinking of doing the tubing activity at Kalisuci on the 1st Feb. Do i have to pay extra for doing tubing there btw? im really excited-sorry for too many questions asked.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *