Sunday , June 25 2017
Home / Budaya / Hari Batik Nasional Melestarikan Warisan Budaya

Hari Batik Nasional Melestarikan Warisan Budaya

Dibutuhkan keteletian yang tinggi saat pewarnaan batik, tampak seorang sedang melakukan pewarnaan batik
Dibutuhkan keteletian yang tinggi saat pewarnaan batik, tampak seorang sedang melakukan pewarnaan batik

Jogjaku.web.id – Batik makin eksis. Beragam corak tradisional berpadu dengan warna-warna indah bakal bikin meriah Hari Batik Nasional yang jatuh pada hari ini.

Jumat (2/10/2015) ini adalah tahun ke-7 Hari Batik Nasional dirayakan sejak ditetapkan pada 2 Oktober 2009.

Organisasi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, UNESCO mengesahkan batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. Batik masuk dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia.Pada 2009 Lalu

Sebagai apresiasi atas pengakuan internasional terhadap batik, pemerintah menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Setiap tanggal itu, semua kalangan masyarakat akan memilih batik sebagai pakaian pembungkus tubuhnya.

Tak dipungkiri, batik tak cuma digemari warga Indonesia. Helai kain penuh motif itu juga mewabah di sejumlah belahan dunia.

Beberapa selebriti dunia pun mengenakan motif cantik batik asal Indonesia. Salah satunya artis cantik Jessica Alba yang sempat terlihat mengenakan gaun bermotif parang gringsing yang dipercaya sebagai penolak sakit.

Selain Jessica, ada juga Reese Witherspoon, Heidi Klum, dan Dakota Fanning juga pernah tertangkap kamera mengenakan kain dengan motif batik.

About Ferry

Aku bukanlah orang yang hebat, tapi aku mau belajar dari orang-orang yang hebat. Aku adalah orang biasa tapi aku ingin menjadi orang yang luar biasa. Dan aku bukanlah orang yang istimewa, tapi aku ingin membuat seseorang menjadi istimewa

Check Also

Penjual Jamu Gendong

Kisah penjual jamu yang di tekuni bertahun-tahun

Jogjaku.web.id –  apapun sepanjang baik dan halal, jika ditekuni bakal membuahkan hasil luar biasa. Contohnya, Sumi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *