Sunday , June 25 2017
Home / Budaya / HUT ke-259 Kota Yogyakarta

HUT ke-259 Kota Yogyakarta

hut-259-jogja-pawai-budaya

Jogjaku.web.id – Dibulan Oktober ini, Jogja akan memanjakan para wisatawan dengan berbagai kegiatan dan acara menarik yang berkenaan dengan HUT ke-259 Kota Yogyakarta yang mengusung tema Pesta Rakyat Jogja. Menjelang hari ulang tahun kota yang mempunyai julukan Kota Pelajar dan Budaya tanggal 7 Oktober mendatang ini, berbagai persiapan sudah dilaksanakan oleh pihak panitia.

Pemerintah Kota Yogyakarta juga akan memeriahkan bulan Oktober menjadi bulan ulang tahun Kota Yogyakarta. Akan banyak acara untuk menyemarakkan HUT ke-259 Kota Yogya tericnta ini selama sebulan penuh. Apa saja acara dalam rangka menyemarakkan HUT Jogja ke-259 ini?

Tema yang diambil pada di tahun ini adalah “Pesta Rakyat Jogja yang mana masyarakat dilibatkan secara langsung dan lebih berperan aktif dalam memaknai ulang tahun Yogyakarta dengan berbagai aktivitas yang dilaksanakan oleh masyarakat. Tentunya masyarakat lebih merasakan gregetnya  ulang tahun Jogja.

Nantinya selama pawai budaya berlangsung para peserta pawai akan memperlihatkan tontonan yang apik dan menarik sepanjang jalannya pawai, selain itu para peserta akan menunjukkan keanekaragama potensi yang dimiliki tiap wilayah di panggung kehormatan yang terletak di kawasan Tugu Yogyakarta.

Route Pawai Budaya HUT Jogja
Route Pawai Budaya HUT Jogja ke 259

1. Penandaan Untuk Pembangunan Jogja
Rangkaian acara atau kegiatan ultah Jogja di awali oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dengan menggelar aksi donor darah di Pendapa Balaikota. Kegiatan lainnya adalah melakukan penandaan di Titik Nol Kilometer yang sekarang sedang dalam tahap revitalisasi, perbaikan Taman Parkir Abu Bakar Ali yang nantinya akan menjadi Zid Triple Dekker atau parkir tingkat, dan adanya bus wisata yang akan menjadi surprise tersendiri. Semua rangkaian kegiatan ini dilakukan sebelum hari H.

2. Pawai Budaya Jogja Istimewa

Pawai budaya hut 259 jogja
Pawai budaya hut 259 jogja

Pawai Budaya Jogja Istimewa akan menjadi puncak rangkaian perayaan HUT ke-259 Kota Yogyakarta. Kegiatan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat warga Kota Yogyakarta dari 14 kecamatan ini akan digelar 7 Oktober 2015 mulai pukul 19.00 WIB.

Sesuai dengan tema kali ini, Pesta Rakyat Jogja, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta juga akan melibatkan seluruh masyarakat Kota Yogya, termasuk komunitas dan perwakilan Sister City bekerjasama dengan Pemkot Yogyakarta, dengan target awal mencapai 3500 – 4000 peserta.

Pawai ini akan melewati sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dari arah timur dimulai dari seputaran Restoran Mc Donald. Nantinya peserta akan memberikan atraksi dihadapan panggung tamu kehormatan yang ditempatkan di sekitar Tugu Pal Putih. Selanjutnya peserta akan melanjutkan pawai melewati Jalan Margo Utomo (P Mangkubumi) dan berakhir di exs Kedaung.

3. Pawai Budaya Tradisional
Selain kirab pawai budaya seperti disebutkan sebelumnya, akan ada juga Pawai Budaya yang melibatkan unsur tradisional di 34 pasar tradisional di Kota Yogyakarta pada 4 Oktober. Pawai ini akan menempuh rute dari Pasar Beringharjo menuju Plaza Pasar Ngasem.

4. Pemasangan Lampion
Sesuai dengan tema Pesta Rakyat Jogja, Pemerintah Kota Yogyakarta juga meminta kepada warga Kota Yogyakarta untuk mendukung kemeriahan rangkaian acara tersebut dengan berpartisipasi memasang penjor dan lampion di depan rumah warga dari tanggal 1 Oktober sampai dengan 31 Oktober. Disain lampion bebas dengan menampilkan logo 259.

5. Wahana Baru di Taman Pintar
Ada juga beberapa tempat wisata yang akan memanfaatkan momen ulang tahun ini dengan meluncurkan wahana baru sebagai kado istimewa bagi Kota Yogyakarta, salah satunya adalah wisata edukasi Taman Pintar, yang akan segera memiliki Paleontology Park. Wahana ini menampilkan kehidupan di zaman purba, salah satunya kehidupan dinosaurus yang bisa dinikmati pengunjung. Wahana ini ditargetkan bisa dibuka untuk umum pada 7 Oktober 2015 atau bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun Kota Yogyakarta.

About Ferry

Aku bukanlah orang yang hebat, tapi aku mau belajar dari orang-orang yang hebat. Aku adalah orang biasa tapi aku ingin menjadi orang yang luar biasa. Dan aku bukanlah orang yang istimewa, tapi aku ingin membuat seseorang menjadi istimewa

Check Also

Kenaikan Uang Makan Dinas 5 Kali Lipat DPRD DKI Demi Makan Lobster

Kenaikan Uang Makan Dinas 5 Kali Lipat DPRD DKI Demi Makan Lobster

Uang makan perjalanan dinas Rp 430.000 per hari ternyata masih belum cukup bagi seorang anggota ...

One comment

  1. Selamat ultah jogja…tetap istimewa…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *