Monday , June 26 2017
Home / Pariwisata / Wisata Edukasi / Cadi Prambanan, Candi Indah Brecorak Agama

Cadi Prambanan, Candi Indah Brecorak Agama

Candi Prambanan

Jogjaku.web.id – Candi prambanan dikenal juga dengan sebutan Candi Roro Jongrang karena ada sebuah legenda dari masyarakat jawa yang menceritakan pemudah yang bernama bandung bonowoso telah jatuh cinta kepada seorang putri berbama Roro Jongrang. Karena sang putri Roro Jongrang tak kuasa menolah cintanya maka sah putrei menajukan persyaratan untuk bandung bondowoso yakni membuat candi yang berjumlah 1.000 arca dengan waktu semalam. Permintaan roro jongrang yang sulit bahkan tidak mungkin bisa dipenuhi oleh orang biasa akhirnya di sanggupi oleh bandung bondowoso, Kemudian Badung Bondowoso mulai lah membuat candi tersebut, permintaan Roro Jongrang hampir terpenuhi olah Bandung Bondowoso akan tetapi Roro Jongrang meminta bantuan warga desa untuk menumbuk padi untuk memacing ayam jantan supaya berkokok yang menandakan hari sudah pagi. Perbuatan Roro Jongrang Tersebut diketahuri olah Bandung Bondowoso waktu itu sudah menyelesaikan 999 arca, yang selanjutnya mengutuk Roro Jongrang menjadi arca yang ke 1.000.

Candi prambanan telah ditetapkan sebagai cagar budaya dunia yang harus dilindungi keberadaanya. Candi Prambanan ini memiliki ketinggian sekitar 47 meter atau lebih tinggi 5 meter dari candi Borobudur.

Struktur candi Prambanan ini melambangkan kepercayaan agama Hindu yaitu Trimurti. Komplek candi Prambanan memiliki 3 candi di halaman utama yaitu candi Siwa, candi Brahma dan candi Wisnu. Pada Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping.

Berikuti ini pendamping candi pada candi prambanan

  • Candi Siwa didampingi candi Nandini,
  • Candi Brahma didampingi candi Angsa
  • Candi Wisni didampingi candi Garuda.

Relief yang terpahat pada dinding – dinding  candi Prambanan menceritakan kisah Pewayangan Ramayana. Terdapat juga relief pohon Kalpataru, dimana umat Hindu menganggap pohon tersebut melambangkan kelestarian, kehidupan dan keserasian. Keberadaan pohon tersebut menggambarkan masyarakat jawa pada waktu itu mempunyai kesadaran dalam melestarikan lingkungannya.

About Ferry

Aku bukanlah orang yang hebat, tapi aku mau belajar dari orang-orang yang hebat. Aku adalah orang biasa tapi aku ingin menjadi orang yang luar biasa. Dan aku bukanlah orang yang istimewa, tapi aku ingin membuat seseorang menjadi istimewa

Check Also

Candi Ijo

Menikmati Keunikan Candi Ijo

Menikmati Keunikan Candi Ijo, Candi ijo adalah salah satu candi hindu  yang berada di yogyakarta yang ...

One comment

  1. kegiatan yang bermanfaat, keelasmatan bukan hanya untuk orang dewasa saja tetapi seluruh pengendara motor dan boncengers termasuk anak-anak di dalamnya, kebanyakan masyarakat kurang memperhatikan keelasmatan boncengers terutama anak-anak, salut buat Honda yang sudah mau memperhatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *